Sabtu, 04 Januari 2014

IKLAN MOTOR YAMAHA JUPITER MX YANG TIDAK BER ETIKA....




 

Menurut saya, ini adalah salah satu contoh iklan yang tidak ber etika : 

Satu hal yang dibanggakan oleh semua iklan motor adalah jago ngebut. Terlihat dari slogan-slogannya, ada yang “yang lain makin ketinggalan” atau “semakin terdepan”. Bahkan ada yang pakai pembalap internasional sebagai modelnya, ada yang digambarkan kalau motornya lewat, semua orang sampe kocar-kacir, bajunya sobek-sobek, yang bawa motor sampe melayang-layang saking cepatnya ngebut. Ini secara sadar atau tidak, mengajak pengendara motor untuk kebut-kebutan, gak tau aturan lalu lintas, nyetir udah kayak valentino Rossi lagi balapan gitu dechhh...!!!

Padahalkan, jalanan di negeri ini gak memungkinkan untuk seperti itu. Untuk membuat konsumen tertarik, bukankah lebih baik kalo iklan itu harus dibuat menarik bahkan kadang dramatis. Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang: semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis....!!!            

Saya simpulkan ,jadi dalam periklanan kita tidak dapat lepas dari etika. Dimana di dalam iklan itu sendiri mencakup pokok-pokok bahasan yang menyangkut reaksi kritis masyarakat Indonesia tentang iklan yang dapat dipandang sebagai kasus etika periklanan. Iklan mempunyai unsur promosi, merayu konsumen, iklan ingin mengiming-imingi calon pembeli. Karena itu saya pertegaskan lagi bahasa periklanan mempergunakan retorika sendiri.....^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar